Turis ASEAN jadi pasar potensial pariwisata DIY

wisatawan asing yang berasal daripada sederat negara selama wilayah asean adalah pasar potensial yang bisa ditekuni lebih serius oleh para pelaku pariwisata dalam diy.

berdasarkan grafik kunjungan wisatawan asing ke diy, jumlah wisatawan daripada negara-negara asean terutama singapura, malaysia juga thailand selalu mengalami peningkatan dan menggembirakan, kata ketua association of the indonesia tours and travels (asita) yogyakarta edwin ismedi himna pada yogyakarta, jumat.

menurut dia, tingginya angka wisatawan asing dari asean yang berkunjung ke yogyakarta dipengaruhi oleh sejumlah aspek semisal jarak dan tidak begitu jauh juga transportasi yang semakin tidak susah.

upaya supaya memperbaiki kunjungan wisatawan asing terlebih dari asean ingin dilakukan melalui upaya beriklan, salah satunya yang paling dekat adalah jogja travel mart 2013 yang akan diselenggarakan pada 5--8 mei.

Informasi Lainnya:

edwin menungkapkan, dalam aktifitas promosi pariwisata itu, paling tidak ingin dikuti oleh 130 buyers daripada sejumlah negara seperti pelaku wisata dalam malaysia, singapura, thailand, australia, korea, jepang, rusia juga india.

selain dikuti pelaku wisata daripada luar negeri, model tersebut serta ingin dikuti dengan sekitar 55 buyers domestik dan juga baru adalah pasar potensial terhadap pelaku wisata dalam diy.

kami akan mengajak kaum pelaku wisata tersebut mengunjungi sejumlah tempat tujuan wisata yang ada di yogyakarta juga sekitarnya agar lebih mengenalkan tujuan-tujuan wisata tersebut terhadap wisatawan asing, katanya.

sejumlah tujuan wisata yang mau dinikmati dalam antaranya lava tour merapi membeli jeep, juga sejumlah wisata budaya yang sudah merupakan ikon yogyakarta seperti malioboro, keraton yogyakarta serta serta candi borobudur.

berdasarkan data dari dinas pariwisata diy di lalu, wisatawan yang berkunjung ke diy mencapai 2,4 juta pihak, serta 190.000 pada antaranya merupakan wisatawan asing. persentasi wisatawan asing tersebut mengalami kenaikan 18 persen dibanding tahun sebelumnya.

wisatawan asing dan paling ada berkunjung ke yogyakarta berasal daripada belanda, perancis, malaysia, singapura juga australia.

kami harapkan, melalui jogja travel mart ini, kunjungan wisatawan daripada negara-negara asean bisa terus meningkat. terlebih, ingin banyak wisata minat khusus yang menantang, semisal arung jeram di sungai progo, panjat tebing dalam pantai siung, jelajah goa juga lainnya, papar kepala bidang pemasaran dinas pariwisata diy heri lencono.