AS jamin sekutunya yang gelisah diusili Korea Utara

amerika serikat menyatakan dulu komitmennya melindungi jepang dengan deterens nuklir sesudah meningkatnya ancaman perang nuklir daripada korea utara, selama pembicaraan pada tiga hari antara kaum diplomat juga pejabat pertahanan as - jepang.

pertemuan dua tahunan tersebut diselenggarakan selama pangkalan angkatan laut kitsap pada negara pihak washington. di situ kaum pejabat jepang diajak tur menyaksikan suatu kapal selam serta fasilitas peluru kendali trident yang menjadi bagian daripada arsenal nuklir as.

pembicaraan ini dirancang agar meyakinkan sekutu-sekutu kita kiranya as memperpanjang deterens melalui kredibel, andal juga berdaya tahan, tutur pihak as seperti dikutip afp.

korea utara dan jepang sempat ingin membangun skill nulklir strategisnya namun as meyakinkan kedua sekutunya itu kiranya bomber, kapal selam juga peluncur rudal nuklir mereka bisa menjawab berbagai potensi ancaman, tidak merujuk ancaman korea utara.

Informasi Lainnya:

korea utara diperkirakan mau meluncurkan peluru kendali jarak menengahnya di pantai timur negara itu menjelang selebrasi nasional 15 april lusa.

jepang yang menjadi satu-satunya negara yang sudah mengalami serangan nuklir, sudah memerintahkan militernya menembak jatuh semua peluru kendala yang diluncurkan korea utara yang mengarah ke wilayahnya, demikian afp.