Ribuan pekerja rekanan Freeport ancam mogok

sekitar 1.200 pekerja pada tiga perusahaan kontraktor pt freeport indonesia, yaitu pt jasti pravita, pt osato seike dan pt srikandi mitra karya, mengancam akan mogok kerja pada sebulan terhitung mulai selasa (30/4) pukul 06.00 wit hingga 31 mei 2013.

ancaman mogok pekerja tiga perusahaan tersebut dilontarkan oleh pimpinan unit kerja (puk) sp-kep spsi tiap-tiap perusahaan kepada wartawan selama timika, senin.

ketua puk sp-kep spsi pt jasti pravita irwanto hassan mengatakan alasan utama pekerja menggarap penampilan mogok karena manajemen pt jasti pravita, pt osato seike dan pt srikandi mitra karya tidak mau menerapkan keputusan gubernur papua nomor 192 tahun lalu mengenai upah minimun sektoral kabupaten (umsk).

sesuai keputusan gubernur papua dan berlaku terpercaya dari 1 januari 2013, upms dan mesti dibayarkan oleh perusahaan pada pekerja melalui basis gaji terendah sebesar rp11.850 per produk serta sekitar rp2.050.000 supaya 173 jam kerja. namun tiga perusahaan tersebut sampai ketika ini masih memberikan gaji pada pekerja melalui basis terendah sebesar rp7.874 per produk.

Informasi Lainnya:

kesenjangan ini sudah berlangsung puluhan tahun. banyak rekan-rekan kami yang sudah bekerja belasan tahun menerima upah tidak sesuai dengan standar umsk yang ditentukan pemerintah. selama ini terjadi eksploitasi besar-besaran kepada pekerja, tutur irwanto.

para pekerja masih membuka diri supaya berdialog melalui manajemen ke tiga perusahaan serta pihak-pihak mengenai lainnya untuk penampilan mogok kerja tidak jadi diselenggarakan. tapi puk sp-kep spsi ke tiga perusahaan tersebut menegaskan bahwa aksi mogok kerja mampu dibatalkan jika tiap-tiap perusahaan konsekuen menerapkan sk gubernur papua nomor 192 tahun 2012 perihal umsk.

kami masih menjalankan diri pada bagian manajemen perusahaan. hingga ketika ini kami masih tetap menanti juga menginginkan adanya titik temu. sk gubernur papua merupakan acuan kami, kata irwanto.

irwanto serta rekan-rekannya berkomitmen bila tak banyak titik temu pembahasan dengan pihak manajemen ke tiga perusahaan maka mulai selasa (30/4), semua pekerja ke tiga perusahaan tersebut yang pada ini berusaha selama area kerja pt freeport indonesia mulai daripada tembagapura hingga pelabuhan portsite amamapare akan bergerak berkurang ke timika.

selama berlangsungnya aksi mogok, pekerja akan berkonsentrasi selama kantor sekretariat puk sp-kep spsi ke tiga perusahaan pada jalan perjuangan timika indah. seterusnya, kaum pekerja akan menyusun rencana seterusnya agar mengerjakan aksi demonstrasi ke kantor disnakertrans juga kantor dprd mimika manakala yang dituntut mereka belum dijawab oleh pihak-pihak tenntang.

ketua puk sp-kep spsi pt osato seike umar djabu menegaskan jika tidak banyak titik temu pembicaraan dengan pihak manajemen perusahaan hingga senin malam pukul 24.00 wit maka aksi mogok kerja 1.200 pekerja tiga perusahaan maka dilaksanakan mulai selasa (30/4).

umar menegaskan, mogok kerja dan dilaksanakan itu sah agar memperjuangkan tegaknya ajaran pemerintah. dari februari hingga saat ini, katanya, puk sp-kep spsi ke tiga perusahaan sudah 11 kali melakukan pertemuan melalui manajemen perusahaan masing-masing tapi tak menemukan Jawaban.

sedangkan ketua puk sp-kep spsi pt srikandi mitra karya, karter anuar aritonang mempertanyakan kinerja dinas tenaga kerja dan transmigrasi mimika dan tak becus mengerjakan pengawasan kepada penerapan sk gubernur papua tentang umsk serta tidak pernah menindak tegas perusahaan-perusahaan dan mengabaikan keputusan pemerintah tersebut.

ada eksploitasi besar-besaran tenaga kerja di timika untuk kepentingan segelintir pihak. banyak rekan kami yang bekerja belasan tahun tapi berstatus pekerja harian. ketika cuti tidak dibayar, saat sakit tidak dibayar. mengapa pemerintah tidak menindak perusahaan-perusahaan ini, serta apakah freeport tidak kenal akan tetapi kami bekerja selama area kerja pt freeport, tanya aritonang.