Kalangan DPR minta PT Vale lepas lahan nganggur

anggota komisi vii dpr ri irfan menyewa kepada perusahaan tambang pt vale indonesia supaya melepas tanah yang belum dimanfaatkan juga memberikan lahan itu pada pemerintah.

jangan tunggu hingga 2025 baru diberikan. nanti pemerintah ingin panggil investor agar memanfaatkan lahan tersebut, papar irfan saat pertemuan antara pt vale indonesia, pemkab morowali dan pemprov sulawesi sedang dan dimediasi dengan komisi vii dpr ri pada kota palu, rabu.

tahun 2025 merupakan berakhirnya masa kontrak karya pt vale indonesia di tanah air. kontrak perusahaan tambang itu sudah berlangsung dari tahun 1968.

saat ini jumlah lahan menganggur serta baru dipelajari dengan pt vale indonesia luasnya mencapai 36 ribu hektare tersebar di sejumlah blok dalam kabupaten morowali, sulawesi tengah.

Informasi Lainnya:

secara keseluruhan pt vale indonesia beroperasi selama lahan seluas 190 ribu hektare tersebar di sulawesi selatan, sulawesi sedang juga sulawesi tenggara.

presiden direktur pt vale indonesia nico kanter mengatakan pihaknya siap melepas lahan dan belum dijalani.

dia malahan mendesak pemkab morowali supaya cepat menunjuk calon investor supaya mengolah lahan menganggur tersebut. tentu saja dengan ketentuan berlaku, papar nico.

sementara tersebut, anggota komisi vii lainnya, mulyadi, menungkapkan pt vale indonesia supaya memegang teguh komitmennya agar turut membangun daerah di sekitar operasi pertambangan.

jangan cuma berdalih telah menyalurkan csr (dana tanggung jawab sosial perusahaan). csr hanya adalah pembius serta modus investasi, kata politisi partai gerindra ini.