Diplomat asing di Korea Utara mendadak berkumpul

para diplomat asing di pyongyang sabtu ini berkumpul membicarakan anjuran mengungsi korea utara menyusul kekhawatiran negara terisolasi tersebut bersiap meluncurkan rudalnya dan dapat memicu ketegangan nuklir.

para kepala misi diplomatik uni eropa setuju berhadapan untuk mencari posisi bersama sesudah pyongyang memperingatkan kedutaan besar asing di negeri tersebut bahwa mereka tak mampu menjamin keamanan kalau konflik pecah dan kedubes-kedubes asing mesti mempertimbangkan agar angkat kaki daripada korea utara.

namun sebagian sulit pemerintahan asing tidak berencana baik personel diplomatiknya, ternyata ada dulu menyebut saran pyongyang tersebut taktik supaya meningkatkan kecemasan atas krisis dan tengah terjadi di semenanjung korea.

kami yakin mereka mengikuti cara ini dibuat bagian daripada retorika bahwa as adalah ancaman kepada mereka, tutur juru bicara departemen luar negeri inggris di london.

Informasi Lainnya:

peringatan ke kedubes-kedubes asing itu bertalian dengan catatan korea utara telah menerbitkan dua peluru kendali jarak menengahnya pada peluncur-peluncur bergerak (mobile) juga menyembunyikannya selama fasilatas-fasilitas bawah tanah gampat ditempuh pesisir timur negeri itu.

utara tampaknya bermaksud menembakkan peluru kendali tidak peringatan lebih-lebih dahulu, lapor kantor berita korea selatan yonhap mengutip seorang pejabat senior pemerintahan selatan.

kemungkinan rudal dan diterbitkan adalah peluru kendali musudan dan belum sudah diujicoba. missil ini berjangkauan 3.000 km makanya mampu mencapai sasaran-sasaran pada korea selatan juga jepang, bahkan pangkalan militer as pada guam, samudera pasifik.

gedung putih menganggap sepi langkah korea utara itu.

kami pernah menyaksikan mereka meluncurkan rudal-rudal tersebut selama waktu 2012...serta itu ingin sebanding melalui retorika juga aksi-aksi mereka dan hanya menggertak dan tak konstruktif, kata juru bicara gedung putih jay carney seperti dikutip afp.

korea utara belum terbukti meninggalkan skill meluncurkan peluru kendali antarbenua yang dapat menyerang as, bahkan para pakar yakin utara belum bisa pasang kepala nuklir pada rudal jarak menengahnya.

kendati terlalu, penduduk internasional tetap mengkhawatirkan situasi di semenanjung korea hendak berada di luar kendali.

keperihatinan terakhir disampaikan mantan pemimpin kuba fidel castro dan mengingatkan banyak Satu bahaya konflik nuklir yang lebih tinggi dibandingkan krisis missil kuba pada 1962.

jika perang pecah pada semenanjung korea dengan begini mau adalah pembantaian mengerikan rakyat (korea), tulis castro dalam halaman depan koran granma, kuba.

pbb sendiri mengatakan tak berencana menarik stafnya beranjak daripada korea utara, tetapi menteri luar negeri rusia sergei lavrov menyampaikan moskow sedang berkonsultasi melalui china mengenai peringatan utara tersebut, serta dengan as serta kaum anggota grup enam.

sementara tersebut angkatan laut korea selatan mengatakan telah menggelarkan dua kapal perang destroyer aegis dalam pantai timur serta barat, dengan objek wisata menggunakan situs launching rudal korea utara, demikian.