RI-Bangladesh bahas pengungsi Rohingnya

menteri luar negeri ri, marty natalegawa, menggelar pertemuan bilateral dengan menteri luar negeri bangladesh, dipu moni, supaya mendiskusikan pengungsi masyarakat etnis rohingnya, myanmar.

kami duduk bersama agar membahas apa untuk terkait pengungsi rohingnya ini--bekerjasama dengan myanmar--bisa diatasi melalui bagus, papar marty dalam sela-sela pelaksanaan konferensi tingkat menteri regional bali process selama nusa dua, bali, selasa.

kata dia, selain mendiskusikan hubungan bilateral kedua negara juga kerja sama selama konteks bali process, masalah pengungsi rohingnya dan merupakan salah Satu topik bahasan dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 15 menit tersebut.

bangladesh, menurut perwakilan tetap indonesia di pbb tahun 2007-2009 tersebut, dinilai dijadikan penerima terbesar kasus masyarakat muslim dan menjadi korban tragedi kemanusiaan pada negeri bekas junta militer itu.

Lainnya: Melangsingkan Badan - Melangsingkan Perut - Obat Pelangsing Badan

marty mencatat kiranya sudah ratusan ribu masyarakat etnis rohingnya yang telah mengungsi ke negara dan beribu kota dhaka tersebut.

sebagai negara terbesar dalam asia tenggara sekaligus angka populasi warga muslim terbesar selama dunia, bangladesh menginginkan kehadiran pembicaraan mendalam dengan indonesia tenntang isu rohingya.

melalui pertemuan bilateral itu, negara yang langsung berbatasan melalui pengunungan himalaya tersebut menginginkan agar kedua negara bisa mencegah agar masalah kemanusiaan tersebut tak kian rumit.

masalahnya apa mampu mencegah untuk masalah itu tidak tambah rumit, ujar diplomat dari bandung, jawa barat tersebut.

belum dikenal berapa jumlah pengungsi dan melarikan diri dari rohingya, myanmar, ke indonesia sesudah terjadi konflik berkepanjangan yang hingga saat ini dinilai belum kondusif sepenuhnya.

selain berhadapan melalui bangladesh, marty natalegawa serta mengadakan pertemuan bilateral melalui delegasi pbb bidang pengungsian atau unhcr dan dipimpin dengan asisten komisioner unhcr, erika feller.

marty menambahkan bahwa badan pbb itu mengapresiasi kontribusi indonesia di bali process serta adalah negara yang berkontribusi pada penyelesaian konflik di myanmar.

mereka mengapresiasi atas apa dan telah kita kontribusikan dalam `bali process` termasuk kontribusi kita pada penyelesaian masalah myanmar, papar dia.