Duka Boston untuk mahasiswi China yang brilian ini

tiga mahasiswi universitas boston asal china dan saling bersahabat, mengalami nasib berbeda akibat bom maraton boston lalu. lu lingzi tewas, zhou danling luka parah, sedangkan satunya lagi selamat.

seluruh kampus berduka agar kematian lu, mahasiswi brilian jurusan matematika yang masih september tahun lalu berada selama boston, agar berkuliah dalam universitas bergengsi itu.

ketiga wanita ini merupakan termasuk ratusan pihak yang terkena ledakan dua bom pada garis finish lomba maraton boston. bom-bom ini menewaskan tiga orang juga melukai 180 pihak.

kepala jurusan matematika universitas boston kathleen heavey menyatakan seluruh sivitas akademika berduka agar korban.

Informasi Lainnya:

hati serta pikiran kami bersama dengan keluarga dan kerabat korban, kata robert brown, rektor universitas dan memiliki 31.000 mahasiswa daripada 100 negara itu.

sebuah acara untuk menghormati kaum korban sudah dipersiapkan, pun itulah sebuah pemakaman massal diselenggarakan kamis ini.

lu juga zhu merupakan tergolong ratusan mahasiswa china di boston.

sebelum memenuhi maraton, lu memposting foto dia tengah menyaksikan sarapan khas china di jejaring sosial china, weibo. sarapanku dan luar biasa, tulisnya dalam bahasa inggris seperti dikutip afp.

para mahasiswa dengan tidak putus asa menggunakan lu saat dia dinyatakan hilang sejak senin malam. zhu menjalani sederat operasi dalam properti sakit serta disebut dalam kondisi stabil.

dia dikelilingi teman-temannya, serta dia akan langsung dikunjungi keluarganya, kata pendeta universitas tersebut, reverend robert hill.

mahasiswi ketiga masih tetap anonim juga begitu berat agar berbicara, tutur para mahasiswa.

gao qin, mahasiswa jurusan hukum berusia 24 tahun asal shanghai, menyatakan semua orang mengkhawatirkan lu, seluruh pihak bekerja mencarinya setelah dikabarkan hilang.

semua pihak terkejut juga sedih jika mereka mendapati gadis itu sudah meninggal, sambung gao seperti dikutip afp.

banyak dari teman-teman aku merupakan temannya juga, sebab ini merupakan komunitas dan sangat kecil. mereka mengenang betapa lucu serta menyenangkannya dia. dia serta pekerja keras.

lu bersekolah selama shenyang, 2012 meraih sarjana ekonomi serta perdagangan internasional dalam institut teknologi beijing.

pada 2010, dia berkuliah pada universitas california pada riverside dalam tiga bulan demi memperbesar peluangnya dapat berkuliah pada sana.

para profesor boston menyebutnya dibuat mahasiswi dan cemerlang.

mahasiswa teologi meghan nelson meletakkan sepasang sepatu, bunga dan gantungan kunci universitas itu di depan memorial martin luther king agar menghormati mahasiswi dan tewas ini.

joy lin, mahasiwa berusia 23 tahun dari beijing, meletakkan topi hijau dan tulisan berbunyi daripada boston juga beijing bersama cinta.

dia orang cina juga saya dan cina. topi ini khas boston. ada imigran irlandia datang ke situ. boston adalah rumahku. aku sangat mencintai boston, tutur dia.

sejumlah mahasiswa universitas boston menjadi saksi daripada pemboman itu dan pilihan diantaranya merupakan relawan pascapemboman.

derrick kwok tadinya adalah relawan supaya pelari yang kelelahan dan membutuhkan pemeliharaan kesehatan pada dekat garis finish. namun selama situasi yang berubah dramatis dia beralih menawarkan tandu agar para korban pemboman.

relawan yang lain, alex kwok, mengaku merasakan kedua ledakan tersebut. tadinya dia menyangka banyak tenda roboh serta generator meledak. saya tidak yakin itu bom seperti perkiraan awal pihak di umumnya, papar dia semisal dikutip afp.