Survei: elektabilitas PDIP tinggi di kalangan pemilih pemula

elektabilitas pdi perjuangan unggul tipis sebesar 19,5 persen dibandingkan partai golkar sebesar 19,3 persen di kelompok masyarakat pemilih pemula selama survei yang dilakukan lembaga survei nasional (lsn).

menurut survei, kedua partai mempunyai basis massa dan sama sulit, tapi pdip memiliki simpatisan yang lebih loyal dibandingkan partai golkar, kata peneliti utama lsn dipa pradipta selama jakarta, minggu.

dipa menungkapkan, elektabilitas pdip menduduki peringkat teratas sebab sosialisasinya dinilai lebih efektif, pada mana para bakal calon anggota legislatif juga simpatisan berinisiatif memperkenalkan partai kepada pemilih pemula serta warga tanpa komando daripada ketua partai.

sosialisasi yang efektif terhadap warga dengan publik bisa mendongkrak elektabilitas pdip dalam kalangan pemilih pemula, ujar dipa.

Informasi Lainnya:

sementara tersebut, prosentase tipis yang ditunjukkan pdip dan golkar memperlihatkan kiranya golkar juga mengerjakan sosialisasi dan sama efektifnya dengan pdip.

menurut dipa, golkar mempunyai situs internal partai agar bersosialisasi ke sekolah-sekolah selama seluruh indonesia serta berusaha menjaring suara daripada pemilih pemula.

golkar secara eksklusif `roadshow` ke sekolah-sekolah selama sosialisasi supaya memperkenalkan partai dan bakal calon presidennya pada berbagai indonesia, tutur dipa.

menyusul golkar, elektabilitas hanura menduduki posisi ketiga melalui 12,8 persen, diikuti gerindra 12,8 persen, nasdem 10,8 persen, demokrat 4,6 persen, pan 3,6 persen, pks 1,8 persen, pkb 1,6 persen, ppp 1,1 persen juga pbb 0,4 persen. tetapi 11,7 responden tidak memberikan langkah awal.

survei diselenggarakan di 1 - 7 april 2013 di 33 provinsi dengan angka sampel 1.230 responden dengan populasi survei berusia 16 - 20 tahun melalui mencari pengambilan sampel purposive random sampling.

adapun margin of error dalam survei ini merupakan 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.