Pulau Moti jadi pusat pengembangan rumput laut

pulau moti selama kota ternate, maluku utara (malut), sebagai pusat pengembangan budidaya rumput laut, sebab perairan pantai pulau tersebut amat bersesuaian supaya usaha budidaya rumput laut.

wali kota ternate, burhan abdurrahman, selama ternate, sabtu, menyatakan pemkot ternate telah mengalokasikan anggaran di apbd 2013 sebesar rp100 juta lebih agar membantu masyarakat setempat di mengembangkan budidaya rumput laut.

pemkot ternate menjadikan pulau moti pusat pengembangan budidaya rumput laut untuk meningkatkan kesejahteraan warga pada sini sekaligus membuka lapangan kerja bagi kaum pencari kerja setempat, ujarnya.

usaha budidaya rumput laut menjanjikan keuntungan lumayan besar sebab hanya selama kurun masa 40 hari telah mampu dipanen, disamping itu usaha budidaya rumput laut tak memerlukan modal dan terlalu besar.

Informasi Lainnya:

menurut wali kota, masyarakat dan membangun budidaya rumput laut di moti dipastikan tidak hendak mengalami kesulitan pemasaran, sebab semuanya hendak serap supaya bahan baku pabrik rumput laut di kota ternate.

pabrik rumput laut dalam kota ternate yang dibangun dengan dana rp10 miliar lebih tersebut merupakan bantuan dari kementerian perindustrian agar mengatasi kesulitan pemasaran dan selama ini sering dialami petani rumput laut di berbagai daerah dalam malut.

wali kota menambahkan, pemkot ternate dan hendak menjajaki pengembangan budidaya ikan kerapu pada pulau moti juga sederat pulau yang lain selama kota ternate, karena prospek pasar ikan kerapu sangat menarik, terlalu pula harganya amat mahal.

usaha budidaya rumput laut serta ikan kerapu dan menjadi pilihan kepada kaum nelayan yang tidak memiliki sarana penangkapan ikan yang memadai agar menjerat ikan selama perairan lepas pantai.